Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian – Pengertian penyuluhan adalah turunan dari kata exstension yang dipakai secara luas dan umum. Dalam bahasa Indonesia penyuluhan berasal dari kata dasar suluh yang artinya pemberi terang ditengah kegelapan.

Dalam bahasa Belanda penyuluhan disebut Voorlichting yang memiliki arti memberi penerangan untuk menolong seseorang menemukan jalannya, dalam bahasa Inggris dan Jerman mengistilahkan penyuluhan sebagai pemberian saran atau Beratung yang memiliki makna yaitu seseorang dapat memberikan petunjuk bagi seseorang, tetapi seseorang tersebut yang berhak untuk menentukan pilihannya.

Apa itu Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian?

Penyuluhan pertanian secara umum adalah proses pendidikan nonformal yang diberikan kepada keluarga tani dengan tujuan agar petani dapat memecahkan atau menenukan solusi masalahnya sendiri khususnya dalam bidang pertanian dan meningkatkan pendapatannya.

Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Komunikasi memiliki arti yaitu suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

Komunikasi juga memiliki arti yaitu suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain.

Baca Juga :  Keunggulan dan Kelemahan Jurusan OTKP SMK

Komunikasi pertanian merupakan suatu pernyataan antar manusia yang berkaitan dengan bidang pertanian baik secara kelompok yang sifatnya umum dengan menggunakan lambang tertentu, seperti yang ditemukan pada metode penyuluhan.

Deskripsi Jurusan

Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian merupakan program studi yang mempelajari cara menyampaikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat khususnya yang berkiprah di sektor pertanian mengenai informasi dan teknologi baru di bidang pertanian dengan pendekatan tertentu. Hal ini dilakukan sebagai salah satu solusi dalam rangka menyelesaikan persoalan sosial dan ekonomi pertanian. 

Tugas dan fungsi Penyuluh Pertanian secara garis besar adalah melaksanakan fungsi sebagai fasilitator dalam kegiatan penyuluhan pertanian. Di dalam kegiatan penyuluhan pertanian, proses komunikasi terjadi karena adanya penyuluh berusaha untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi kepada petani, dari petani kepada penyuluh, dan juga dari petani kepada petani lainnya.

Proses komunikasi dalam penyuluhan pertanian yaitu bertujuan untuk menarik perhatian, menggugah hati, dan perasaan, meyakinkan serta memotivasi sasaran agar mau  melakukan tindakan atau perubahan-perubahan untuk pengembangan usaha agribisnisya, peningkatan produktivitas, dan kesejahteraannya serta peningkatan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.

Keahlian yang Harus Dimiliki

1. Kemampuan komunikasi

Kemampuan komunikasi atau kemampuan dalam penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk mengubah sikap, pendapat, secara langsung dan tidak langsung, sangat diperlukan dalam jurusan ini.

Baca Juga :  SMK Jurusan Teknika Kapal

2. Kemampuan Melakukan Analisis

Kemampuan mahasiswa dalam mengolah suatu materi menjadi bagian-bagian dan menghubungkan antara bagian yang satu dengan yang lainnya sangat diperlukan dalam jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian.

3. Kemampuan Problem Solving

Salah satu kemampuan yang diperlukan dalam jurusan ini adalah problem solving. Apakah itu? Yaitu kemampuan dalam menemukan solusi terbaik dari suatu masalah dengan mengidentifikasi penyebabnya.

4. Kemampuan Berpikir Kritis dan Terstruktur

Kemampuan yang diperlukan dalam jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian adalah dapat menganalisis atau menelaah suatu ide atau gagasan setelah memahami suatu ide atau gagasan tersebut.

5. Dapat Bekerja Secara Tim

Untuk bisa mendalami jurusan ini, mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan dalam berkomunikasi, serta dapat bekerja sama secara berkelompok atau tim.

Prospek Kerja

Untuk saat ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat khususnya para pemain di sektor pertanian. Jadi, lulusan atau tamatan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian sangat dibutuhkan oleh instansi pemerintah seperti Kementerian Pertanian sebagai Penyuluh Pertanian, Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementrian Kehutanan, Bulog, Perusahaan Media, Perbankan, serta dapat berkarir mandiri sebagai konsultan.

Related Article…