Jurusan Fotografi

Jurusan Fotografi – Di Jurusan Fotografi kalian akan mempelajari berbagai hal tentang teknik dan proses merekam gambar dalam berbagai bentuk dan situasi yang bertujuan untuk menciptakan sebuah karya seni.

Karena fotografi pada dasarnya merupakan sebuah seni jadi foto-foto yang direkam dari sebuah peristiwa ataupun keadaan baik itu kondisinya di-setting ataupun tidak, haruslah memenuhi unsur-unsur seni dan mampu mempresentasikan nilai dan pesan tersendiri.

Jurusan Fotografi terdiri dari beberapa pembagian keahlian.

Mulai dari fotografi komersial yang berfokus pada pengaplikasian kreativitas dan inovasi, fotografi ekspresi yang  lebih menekankan pada aspek seni dan ekspresi pribadi hingga fotografi  profesional.

Selain itu terdapat juga fotografi jurnalistik yang menitik beratkan pada bidang foto jurnalistik yang dikerjakan oleh fotografer jurnalistik. 

Kalian juga akan belajar mengenai cara menggunakan kamera analog serta berbagai teknik fotografi lainnya.

Tak hanya membutuhkan  kecintaan terhadap dunia fotografi, tapi juga kemampuan untuk bekerja secara independen, memiliki minat tinggi pada science, seni dan teknologi.

Kalian juga harus memperhatikan banyak hal secara detail serta memiliki kegigihan, inisiatif, ide-ide brilian, dan kreativitas. 

Kenapa Jurusan Fotografi

  1. Memilih jurusan ini bukan berarti itu sebagai syarat untuk merintis karier sebagai fotografer, tetapi kalau kalian ingin mendalami dunia fotografi maka belajar secara otodidak saja tidaklah cukup. Terdapat banyak skill yang sangat memungkinkan yang tidak bisa kalian dapatkan jika belajar fotografi secara otodidak.
  2. Gelar akademik yang kalian dapatkan di bidang fotografi akan menjadi catatan portofolio yang spesial ketika kalian ingin meningkat ke karier profesional atau menjadi seorang pengajar fotografi.
  3. Kalian bisa menciptakan lapangan kerja dengan membuka photo studio.
  4. Perkembangan industri ke ranah digital saat ini banyak membutuhkan fotografer untuk kepentingan media promosi ataupun branding.
  5. Cocok bagi kalian yang hobi fotografi. Pastinya sangat menyenangkan kalau kalian menekuni sesuatu yang menjadi minat kalian sejak lama, apalagi kalian bisa menghasilkan uang dari hal tersebut.
Baca Juga :  Jurusan Kehutanan

Kompetensi Keahlian

Jurusan fotografi

  1. Kemampuan Editing
  2. Penguasaan Kamera
  3. Kemampuan Komunikasi
  4. Kepekaan Visual dan Warna
  5. Kemampuan Berpikir Kreatif

Lulusan Jurusan Fotografi di Dunia Kerja

    1. Fotografer Arsitektur. Fotografi arsitektur berspesialisasi di bidang pemotretan bangunan, baik itu pada eksterior, interior, maupun detail bangunan. Kebutuhan akan fotografer di bidang ini sendiri dinilai meningkat seiring dengan banyaknya bisnis properti. Sementara itu, majalah hingga website seputar interior desain pun kian diminati, sehingga peluang karir menjadi lebih luas lagi.
    2. Fotografer komersial. Jika tertarik dengan profesi yang satu ini, telah lebih dalam seputar teknik fotografi komersial. Lantaran, peluang dalam pasar ini sangat luas sehingga cukup menjanjikan untuk ditekuni.
    3. Videografer. Jika memiliki kemampuan mengoperasikan kamera sekaligus mengedit, profesi Videografer bisa jadi pilihan karier kalian. Selain itu, kalian juga bisa membuat konten video yang diproduksi sendiri.
Baca Juga :  JURUSAN DESAIN INTERIOR SMK

Prospek Kerja

Pilihan karier yang dapat dipilih setelah lulus dari Jurusan Fotografi pastinya tidak akan jauh-jauh dari dunia foto.

Sekalipun demikian, zaman sekarang penggunaan foto bukan lagi hanya sebatas identitas, melainkan juga berhubungan dengan lifestyle, bisnis, hingga public relation.

Kalian juga bebas menentukan pilihan untuk menjadi seorang fotografer profesional dengan membangun branding sendiri ataupun ikut bergabung dengan studio foto yang sudah ada.

Pastinya selama kalian mampu menghasilkan gambar yang baik, prospek kalian untuk mendapatkan klien tetap terbuka lebar. Berikut beberapa peluang kerja jurusan fotografi :

  1. Fotografer Pernikahan
  2. Fotografer Makanan
  3. Travel Fotografer
  4. Reporter
  5. Videografer
  6. Jurnalis 
  7. Produser

Itulah sedikit pembahasan tentang Jurusan fotografi. semoga bisa menambah refrensi anda terutama yang berhubungan dengan jurusan fotografi. Dapatkan informasi lainnya tentang SMK, Digital marketing dan dunia teknologi di website https://pklsmk.com. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Related Article…