Jurusan Desain Komunikasi Visual

JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL – Desain komunikasi visual adalah jurusan yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif.

Jurusan ini memanfaatkan berbagai elemen visual ataupun rupa untuk bisa menyampaikan pesan atau tujuan tertentu, unsur-unsur desain komunikasi visual yaitu warna, format, tekstur, ruang, garis, bentuk.

Desain komunikasi visual berkaitan dengan penggunaan tanda-tanda, gambar, lambang, simbol, ilmu dalam penulisan huruf, ilustrasi dan warna.

Prospek Kerja Jurusan DKV

Graphic Designer

Seorang graphic Designer tugasnya menciptakan dan merancang sebuah karya desain grafis dengan aplikasi yang ada, untuk menyampaikan informasi yang diinginkan klien dalam bentuk desain yang menarik.

Illustrator 

Yang kedua yaitu illustrator, seorang illustrator bertugas membuat gambar ilustrasi menarik, yang akan ditampilkan di buku pustaka, iklan, website, majalah, koran, komik, kemasan produk, dan yang lainnya.

Baca Juga :  SMK Jurusan RPL Kota Samarinda

Game designer 

Seorang desainer game bertugas merancang sebuah konsep dari video game atau permainan menjadi lebih nyata. Namun, jika ingin menjadi desainer game harus mempunyai skil teknologi, kreativitas, problem solving, manajemen waktu, dan teliti.

Art Director 

Yang keempat ada art director, seorang yang bekerja sebagai art director bertugas untuk mengawasi dan memberikan arahan mengenai artistik, visual dalam proses pembuatan iklan atau desain.

Mata Pelajaran SMK Jurusan DKV

Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual

Siswa akan difokuskan pada penguasaan sebuah software desain seperti CorelDraw, Adobe illustrator, Adobe Photoshop, dan sebagainya. Mata pelajaran yang akan di pelajari kalian yaitu :

Dasar-dasar seni rupa

Mata pelajaran ini akan membahas mengenai unsur unsur untuk mewujudkan sebuah karya seni rupa

Gambar

Pada mata pelajaran ini, siswa akan belajar menggambar menggunakan teknik, media dan alat sesuai dengan jenis gambar yang dibuat

Sketsa

Mata pelajaran ini akan membahas tentang pengertian sketsa, sejarah sketsa, jenis sketsa, perkembangan dan tokoh seniman sketsa

Desain publikasi

Kalian akan mempelajari tentang bagaimana merancang dan membuat konsep karya desain. Kalian juga akan belajar bagaimana mempresentasikan konsep dasar komunikasi pemasaran dengan desain publikasi.

Komputer grafis

Pada mata pelajaran ini, kalian akan belajar mengolah gambar secara digital menggunakan software yang ada untuk menghasilkan gambar yang menarik.

Baca Juga :  Jurusan SMK Elektronika

Fotografi

Kalian akan diajarkan teknik teknik penggunaan kamera dan bagaimana membuat fotografi bisa menjadi sarana untuk menyampaikan informasi atau pesan.

Videografi

Selanjutnya ada videografi, kalian akan belajar membuat karya videografi, memahami proses dan teknik videografi, hingga mempresentasikan hasil karya videografi

Ruang Lingkup Desain Komunikasi Visual

  1. Desain grafis periklanan 
  2. Animasi
  3. Desain identitas usaha
  4. Desain Marka lingkungan
  5. Desain multimedia
  6. Desain grafis industri
  7. Desain grafis media
  8. Komik, karikatur, poster
  9. Fotografi, tipografi dan ilustrasi

Fungsi Desain Komunikasi Visual

Menurut Cenandi ada 3 fungsi dasar desain komunikasi visual yaitu:

Sebagai sarana identifikasi

Produk jika memiliki identitas akan mencerminkan kualitas produk itu dan akan mudah dikenali oleh produsen maupun konsumen.

Sebagai sarana informasi

Desain komunikasi visual bertujuan menunjukan hubungan antara suatu hal dengan hal lain dalam petunjuk, arah, posisi, skala.

Informasi akan berguna jika disampaikan kepada orang yang tepat, pada waktu yang tepat dan dalam bentu yang dimengerti.

Sebagai sarana presentasi dan promosi

Tujuannya adalah untuk menyampaikan pesan, mendapatkan perhatian dan membuat pesan tersebut dapat diingat.

Sekian penjelasan singkat mengenai jurusan desain komunikasi visual. Semoga bermanfaat.

Related Article…