JURUSAN DESAIN INTERIOR SMK

JURUSAN DESAIN INTERIOR SMK – Apakah kamu suka melihat bentuk keindahan pada sebuah bangunan? Atau mungkin kamu hobi menata sebuah ruang?

Jika iya, maka jurusan desain interior adalah jurusan yang tepat bagi kamu. Untuk menata sebuah ruangan agar terlihat lebih rapi dan nyaman, maka sangat diperlukan jasa seorang desainer interior.

Buat kalian yang tertarik dengan jurusan desain interior baiknya kamu kenali lebih dalam lagi tentang jurusan desain interior.

Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai jurusan desain interior, serta bagaimana prospek kerjanya. Yuk simak!

Apa itu jurusan desain interior?

Desain interior adalah cabang dari ilmu seni rupa yang mempelajari tentang perencanaan tata letak dan perancangan ruang dalam sebuah bangunan serta mngkreasikan ruangan agar menciptakan rasa nyaman bagi para penghuninya.

Baca Juga :  SMK Jurusan RPL Kota Samarinda

Jurusan ini sangat berkaitan dengan yang namanya estetika dan seni, jadi kamu harus bisa kreatif dan punya cara pandang yang unik.

Kompetensi keahlian jurusan desain interior

Berikut ini beberapa kompetensi keahlian yang akan kamu pelajari dalam jurusan desain interior

Dasar desain interior

Jurusan Desain Interior SMK

Yang pertama kamu akan mempelajari tentang konsep dasar ruang dan ruangan.

Kamu juga akan mempelajari tentang pembagian area, tata letak, aspek budaya dan rancang bangun desain interior.

Gambar teknik dan presentasi

Pada kompetensi keahlian ini kalian akan diajarkan cara menggunakan peralatan gambar teknik dan membuat gambar denah interior, serta bagaimana mempresentasikan hasil gambar interior.

Desain interior

Selanjutnya kamu akan menguraikan konsep dasar hingga membuat desain suatu bangunan seperti kantor, cafe, hotel dan sebagainya.

Prospek kerja jurusan desain interior

Jurusan desain interior juga sangat diminati saat ini, karena jurusan ini memiliki prospek kerja yang luas, dan penghasilannya pun cukup besar.

Berikut adalah peluang kerja lulusan jurusan desain interior

Desainer interior

Desainer interior adalah orang yang bekerja membuat desain ruangan.

Baca Juga :  Syarat Masuk Jurusan Tata Boga SMK dan Manfaatnya

Tidak hanya harus jago menggambar seorang desainer interior juga harus bisa menerjemahkan atau mewujudkan keinginan, serta kebutuhan klien.

Drafter

Drafter adalah orang yang bekerja membuat gambar teknik dari model yang telah dibuat oleh desainer dengan menggunakan komputer ataupun sketsa manual.

Untuk bisa menjadi seorang drafter kamu harus memiliki pengetahuan tentang hal hal Teknis dibidang ilmu teknis sesuai dengan ilmu bidang teknik masing.

Estimator

Estimator adalah orang yang memperkirakan biaya dalam suatu proyek konstruksi. Seorang estimator harus bisa mempersepsikan gambar 3D ke dalam gambar 2D ataupun sebaliknya.

Kenapa harus memilih jurusan desain interior?

Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu peroleh jika memilih jurusan desain interior.

Mulai dari Peluang kerjanya sangat luas, setelah lulus kamu bisa bekerja di sebuah perusahaan kontraktor desain interior.

Pengetahuan yang bisa kamu dapatkan dari jurusan ini pun sangat banyak dan beragam, kamu akan mendapatkan ilmu seni, desain, teknologi bangunan, fisika bangunan dan sebagainya. 

Related Article…