Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian

Jurusan AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN Apakah kamu pernah mendengar pertanian? Lalu apa yang langsung muncul di pikiranmu ketika mendengar kata pertanian? 

Pasti berkaitan erat dengan sawah, tapi beda lagi jika kata tersebut menjadi agribisnis pengolahan hasil pertanian dan pengertiannya pun akan jauh lebih luas lagi. 

Sebelum itu, apakah kamu sudah mengetahui bahwa di Indonesia sendiri terdapat jurusan agribisnis pengolahan hasil pertanian atau APHP. 

Simak artikel berikut ini untuk menambah pengetahuan kalian mengenai jurusan APHP.

PENGERTIAN JURUSAN APHP

Seperti dengan nama jurusan ini sendiri, jurusan agribisnis pengolahan hasil pertanian merupakan jurusan yang berada pada bidang pertanian dengan cara mengolah hasil pertanian pada paska panen. 

Jurusan ini biasanya dibuat strategis dengan lingkungan alam yang kaya akan hasil pertaniannya yang meliputi buah-buahan, sayuran, biji-bijian yang kemudian diolah untuk meningkatkan nilai ekonomi.

Baca Juga :  Jurusan Agribisnis Pertanian

Melimpahnya kekayaan alam pertanian di Indonesia membuat jurusan ini banyak gencar dicari serta diminati. 

Dengan melimpahnya kekayaan alam pertanian di Indonesia. lulusan jurusan APHP sangat dibutuhkan oleh industri, instansi, masyarakat umum untuk mengolah hasil pertaniannya dan berupaya dalam meningkatkan nilai hidup masyarakat. 

Jurusan APHP merupakan jurusan yang bergerak di teknologi pangan.

KOMPETENSI YANG DIAJARKAN PADA JURUSAN APHP

Jurusan agribisnis pengolahan hasil pertanian

source : https://smkn1cipanas.sch.id/agribisnis-pengolahan-hasil-pertanian/

Kompetensi keahlian pada jurusan APHP meliputi kemampuan mengenal komoditas hasil pertanian dan menerapkan dasar pengolahan dan pengawetan hasil pertanian sampai mengolah hasil pertanian menjadi suatu produk olahan. 

Selain itu, dasar penanganan hasil pertanian, dasar proses pengolahan hasil pertanian, dasar pengenalan mutu hasil pertanian, produksi pengolahan hasil nabati dan hewani, produksi pengolahan komoditas dan herbal, keamanan pangan dan penyimpanan serta  penggudangan, produk kreatif dan kewirausahaan.

PROSPEK KERJA JURUSAN APHP

Biasanya peluang kerja untuk lulusan jurusan APHP terdapat pada wilayah yang strategis dengan pertanian.

Baca Juga :  SMK Jurusan Tata Boga Jakarta

Saat ini dengan berkembangnya industri pertanian membuat lulusan jurusan APHP tidak susah payah lagi dalam mencari prospek kerja karena prospek kerja yang luas pun mudah didapatkan. 

Kamu bisa bekerja pada bidang quality control, atau bisa menjadi konsultan pangan dan gizi, pengembangan produk pangan dan minuman dengan menggunakan bekal ilmu yang kamu dapatkan serta kreativitasmu. 

Kamu bisa juga menjadi wirausaha yang bergerak di bidang pangan dan jika kamu bekerja di sebuah desa, kamu bisa meningkatkan perekonomian desa.

Apalagi jurusan teknologi pangan saat ini sedang berkembang tajam dari tahun ke tahun melihat dari sumber daya alam yang ada di Indonesia berkaitan dengan pertanian.

Sekian dulu pembahasan kita tentang jurusan agribisnis pengolahan hasil pertanian. semoga bisa menjadi refrensi untuk anda yang membutuhkan informasi tentang Jurusan agribisnis pengolahan hasil pertanian.

Dapatkan informasi lainnya tentang SMK, digital marketing, dan teknologi di website kami.

Related Article…