Hal Penting Sebelum Masuk Jurusan TKJ

Hal Penting Sebelum Masuk Jurusan TKJ – Dengan perkembangan IT saat ini yang begitu pesat, menjadikan hampir semua bidang pekerjaan seperti sektor Industri, Pertanian, Jasa, dan juga Perdagangan tak bisa lepas dari IT.

Dan yang kita ketahui Bersama bahwa Teknik Komputer Jaringan (TKJ) ini merupakan salah satu jurusan yang focus di bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMK yang sangat populer dan banyak diminati. Dengan banyaknya perusahaan yang membutuhkan ahli IT, menjadikan peluang kerja lulusan TKJ ini semakin luas.

Berikut adalah artikel mengenai pengertian jurusan TKJ SMK, serta hal penting yang harus diperhatikan dan prospek kerja jurusan tersebut beserta dengan estimasi gaji yang diterima.

Hal Penting Sebelum Masuk Jurusan TKJ

Hal Penting Sebelum Masuk Jurusan TKJ

Apa itu Jurusan TKJ SMK?

TKJ merupakan jurusan SMK yang paling banyak di minati oleh para calon siswa baru. Jurusan yang fokus mempelajari tentang cara merakit dan menginstall sistem komputer, mendalami dunia jaringan yang ada di dalam komputer, mulai dari dasar hingga membangun jaringan sendiri.

Menjadikan dan mengatur komputer agar bisa terhubung ke internet dengan jaringan yang sudah dibuat sendiri, melakukan konfigurasi Linux seperti membangun DHCP, DNS, dan Mail Server. Mempelajarai tentang Mikrotik dan Cisco.

Kelebihan yang dimiliki jurusan TKJ yaitu anda dapat mengerti dunia teknologi komputer dan jaringan dan menjadikan anda tidak gaptek.

Hal Penting Sebelum Memilih TKJ

Ada beberapa hal penting yang bisa anda perhatikan sebelum memasuki jurusan TKJ, yaitu anda harus senang untuk mempelajari komputer dan jaringan. Seperti anda harus terbiasa dengan beberapa alat server seperti crimping tool dan kabel UTP, anda juga harus siap dengan pelajaran matematika, karena jurusan ini menggunakan ilmu matematika walaupun tidak mendalam.

Baca Juga :  SMK Jurusan Sekretaris

Untuk materi yang dipelajari itu seperti install operasi sistem, materi sistem komputer dan sistem bilangan, ip address, dan mempelajari beberapa perangkat jaringan,

seperti berikut:

  • router
  • switch
  • bridge
  • repeater
  • dan lainnya.

Serta memperlajari cara membuat kabel UTP Cross Over, straight, dan mmapu Menyusun hardware PC seperti motherboard, harddisk, power suplay, dan sebagainya.

Jadi di jurusan ini anda hanya akan mempelajari hardware sebanyak 40% dan 60% untuk software (berfokus pada software  administrasi jaringan). 

Prospek Kerja Jurusan TKJ SMK

Jurusan TKJ memiliki peluang kerja yang luas Ketika lulus nanti.

Berikut adalah prospek kerja bagi lulusan jurusan TKJ:

  1. Teknisi Komputer

Merupakan salah satu profesi yang sangat dibutuhkan oleh hamper seluruh sector pekerjaan yang menggunakan komputer. Untuk pekerjaan ini, kisaran gajinya adalah Rp 2.500.000 – Rp 3.500.000.

  1. Desainer Grafis

Salah satu peluang untuk lulusan TKJ yaitu bekerja menjadi desainer grafis. Yang kerjanya membuat visual yang menarik dan membuat sebuah konten. Gaji yang didapatkan saat bekerja menjadi desainer grafis adalah Rp 3.500.000 – Rp 5.000.000.

  1. Teknisi Jaringan

Pekerjaan yang mengelola segala hal yang berkaitan dengan jaringan (network), seperti WiFi, dan instalasi jaringan lain. Untuk kisaran gaji yang didapat seorang teknisi jaringan adalah Rp 3.500.000.

  1. Administrasi Server

Bekerja untuk mengawasi, mengelola, dan mengamankan suatu server komputer. Gaji yang bisa didapat oleh seorang admin server adalah Rp 3.000.000.

  1. Curtomer Service
Baca Juga :  SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Saat ini banyak posisi customer service yang membutuhkan seseorang lulusan TKJ, karena pekerjaannya menggunakan layanan digital seperti internet, e-mail. Kisaran gaji yang didapat adalah Rp 2.800.000.

  1. Programmer

Pekerjaan yang berhubungan dengan Bahasa pemrograman dalam komputer. Programmer juga harus bisa membuat software atau website. Untuk gaji yang didapat seorang programmer adalah Rp 3.000.000.

  1. System Analyst

Bekerja di bidang yang berkaitan dengan Analisa suatu sistem dan harus bisa membandingkan kelebihan dari kekurangan sistem, yang kemudian sistemnya akan digunakan oleh seorang programmer. Kisaran gaji yang akan didapat adalah Rp 5.500.000.

  1. Web Designer

Bekerja untuk merancang sebuah web dengan tampilan yang menarik disertai adanya konten, yang nantinya dikirimkan ke pengguna melalui World Wide Web. Untuk kisaran gajinya adalah Rp 3.500.000 – Rp 7.500.000.

  1. Data Entry

Pekerjaannya yaitu mengurus hal-hal yang berkaitan dengan sistem operasional seperti input dan output. Gaji yang didapat oleh seorang data entry adalah Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000.

  1. Pengusaha Warung Internet (Warnet)

Pendapatan yang bisa anda dapatkan untuk membuka usaha ini cukup besar, kisaran Rp 3.000 per jam, maka jika 10 komputer yang dioperasikan 16 jam per hari, anda bisa mendapatkan penghasilan kotor Rp 14.400.000.

 

Itulah artikel mengenai pengertian jurusan TKJ, Hal penting yang harus diperhatikan sebelum masuk jurusan TKJ, serta prospek kerja kedepannya.

Semoga bisa memberi informasi dan manfaat bagi pembaca, terutama untuk anda yang ingin mendaftar jurusan ini.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai jurusan TKJ SMK bisa langsung ke artikel berikut https://pklsmk.com/smk-jurusan-tkj

Related Article…