7 Aplikasi Edit Video Untuk Android

Aplikasi Edit Video Gratis Untuk Android – Mengedit video menjadi satu kemampuan yang hampir setiap orang dapat meoakukannya dengan bantuan 7 aplikasi edit video untuk android. Perkembangan teknologi yang kian pesat menjadikan video menjadi media yang cukup penting bagi kehidupan contohnya saja digunakan untuk presentasi. Mengedit video menjadi suatu keahlian yang sekarang ini banyak dicari dan diminati.
Mungkin beberapa orang berpikir bahwa mengedit video hanya bisa dilakukan oleh orang yang profesional. Nyatanya anggapan tersebut tidaklah sepenuhnya benar dikarenakan saat ini dengan bantuan teknologi yang semakin canggih dan kemauan untuk berusaha pasti akan dapat mengedit video dengan hasil yang menarik. Dengan dilandasi usaha serta niat maka sesuatu akan tercapai dengan begitu mudah.
Saat ini mengedit video tidak hanya bisa dilakukan pada komputer saja, melainkan smartphone yang Anda gunakan pun bisa untuk mengedit video. Terutama akibat dari perkembangan teknologi yang menjadikan banyak munculnya aplikasi edit video yang terdapat di Play Store. Tentunya hal ini akan semakin mempermudah setiap orang dalam mengedit video tanpa khawatir dan bingung meminta bantuan orang lain lagi.

PENGERTIAN EDITING

Terdengar dari namanya sendiri yakni editing pasti memiliki arti mengubah atau mengedit sesuatu untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda. Akan tetapi pengertiannya akan lebih berbeda jika yang diartikan adalah editing video. Editing video merupakan proses menyunting atau mengubah atau memilih gambar dari hasil shooting video yang dilakukan dengan cara memotong atau menggabungkan gambar-gambar dan disisipkan dengan transisi. Pastikan harus perhatikan komponennya.
Ternyata potongan-potongan video dari hasil shooting video tidak hanya digabungkan begitu saja, melainkan harus memperhatikan beberapa komponen penting dalam proses editing video agar hasil yang didapat itu terkesan menarik. Dalam pemilihannya pun harus sesuai yakni perhatikan bagian mana yang seharusnya dibuang dan bagian mana yang seharusnya diambil. Hasil video yang mungkin terlalu buruk misalnya saja terlalu terang atau gelap atau kuning harus diperbaiki dalam proses editing video.
Penggabungan antara foto dengan video atau bahkan pengambilan foto dari video juga kerap dilakukan dalam proses editing video. Tidak hanya itu, dalam editing video terdapat pula proses penyeleksian video, penambahan judul, efek, transisi, sound effect, pemilihan lagu yang tepat, variasi, narasi, serta pewarnaan dari rekaman gambar yang masih mentah agar hasilnya sesuai dengan keinginan. Umumnya tahapan dalam editing video yakni proses perekaman gambar terlebih dahulu dilanjutkan dengan editing video.
Umumnya proses editing akan memakan banyak waktu yang lama agar menghasilkan video yang menarik. Akan tetapi dengan bantuan software atau aplikasi yang terdapat di Play Store semuanya menjadi lebih mudah ketika melakukan proses editing video.

PROSES EDITING VIDEO YANG UMUM DILAKUKAN

Mungkin terkesan seperti suatu kebiasaan dalam mengedit video yang sering dilakukan oleh orang umum. Akan tetapi dalam proses editing video suatu hal yang umumnya dilakukan oleh pemula maupun yang profesional yakni meliputi pemilihan lagu atau sound yang menarik agar video yang dihasilkan terkesan unik di mata orang. Selain itu cara pengambilan gambar menjadi langkah awal yang paling umum dilakukan.
Ternyata cara pengambilan gambar juga mempengaruhi hasil dari rekaman video itu sendiri. Tidak hanya itu saja, yang perlu diperhatikan jika ingin hasil rekaman yang bagus maka Anda harus memahami tekhnik shooting, sudut perekaman gambar dan gerakan dari kamera akan mempengaruhi sebuah hasil rekaman gambar. Selain itu, umumnya proses memangkas dan menggabungkan gambar juga biasa dilakukan.
Untuk mengenai tahapan proses editing video itu sendiri mulai dari perekaman gambar dengan menggunakan kamera kemudian dilanjutkan dengan menyimpan dari hasil perekaman gambar tersebut dilanjutkan dengan proses pemotongan klip video agar dapat memilih mana yang seharusnya diambil dan mana yang seharusnya dibuang. Lalu dilanjutkan dengan penggabungkan klip dengan klip lalu pemberian logo, simbol, judul, teks pada video lalu aplikasikan efek dan backsound atau lagu dan tambahkan narasi.
Penambahan narasi umumnya ditujukan agar video tersebut berkesan lebih jelas. Kemudian proses terakhirnya yakni adalah mengecek hasil dari rekaman video yang sudah melalui proses editing video. Jika video masih terdapat kekurangan maka harus diperbaiki dan jika video sudah dianggap hasilnya bagus maka dilanjutkan dengan melihat hasil rekaman gambar yang sudah melalui proses editing video ini.

Baca Juga :  Monitor Pada PC

7 APLIKASI EDIT VIDEO DI HP ANDROID

Berikut 7 rekomendasi aplikasi edit video yang gratis dan praktis di HP Android :

Inshot

7 Aplikasi Edit Video Untuk Android

Aplikasi ini menyajikan berbagai fitur yang unik sekaligus menarik terutama aplikasi ini dapat digunakan di HP Android dan menginstalnya pun gratis tanpa memerlukan biaya ditambah lagi aplikasi ini mudah dicari di Play Store. Fitur yang disajikan pun mudah diaplikasikan sehingga bagi seorang pemula akan dengan mudahnya mengedit video dengan menggunakan aplikasi Inshot.
Selain itu, setelah Anda selesai mengedit Anda dapat dengan langsung membagikannya ke beberapa aplikasi lainnya atau Anda dapat langsung menyimpannya di penyimpanan galeri Anda. Akan tetapi terdapat kekurangannya yakni sering muncul iklan ketika melakukan proses editing video.

KineMaster

7 Aplikasi Edit Video Untuk Android

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih dan nyaman saat digunakan maupun diaplikasikan. File dari media yang berbeda dapat dengan mudah diimpor dengan menggunakan aplikasi ini. Tidak hanya itu, aplikasi ini mudah dicari di Google Play Store dan tentunya gratis alias tidak berbayar.
Aplikasi ini dapat digunakan pada HP Android sekalipun dan jika Anda mengedit video dengan menggunakan aplikasi ini maka Anda akan terbantu sekali dikarenakan pengeditan video dalam aplikasi ini begitu mudah sehingga dapat menghasilkan hasil rekaman gambar dengan cepat akan tetapi hasilnya juga bagus.
Terdapat banyak efek yang digunakan sehingga video yang Anda hasilkan akan terlihat lebih profesional bahkan oleh pemula sekalipun dan terdapat juga banyak transisi yang membuat penampilan video menjadi semakin menarik.

Baca Juga :  Fakta Menarik Tentang Teknologi Fast Charging Handphone

Direktur Daya

7 Aplikasi Edit Video Untuk Android

Aplikasi yang dapat digunakan di HP Android ini ternyata memiliki fitur yang lengkap dan dapat digunakan dengan mudah. Jika Anda belum biasa menggunakannya maka Anda harus terbiasa menggunakannya. Tentunya ketika Anda sudah ahli menggunakannya maka Anda dapat mengedit video yang terkesan profesional dengan disertai efek hanya dalam hitungan detik saja.
Aplikasi ini dilengkapi dengan lebih dari 30 efek dengan transisi efek yang berbeda-beda. Tidak hanya itu, Anda dapat membuat video green screen dengan menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini tidak berbayar dan dilengkapi dengan tutorial dari semua fitur di dalamnya dan juga aplikasi ini mudah ditemukan di Google Play Store.

Capcut

7 Aplikasi Edit Video Untuk Android

Aplikasi ini banyak digunakan oleh para editor ditambah lagi aplikasi ini gratis dan tentunya mudah dicari di Google Play Store. Capcut dilengkapi dengan fitur-fiturnya yang unik sekaligus sangat menarik sehingga menjadikan aplikasi ini banyak diminati. Aplikasi ini sudah banyak diunduh dikarenakan fiturnya yang begitu menarik.
Menyajikan banyak sekali fitur didalamnya yang meliputi efek dengan berbagai efek yang menarik dan transisi yang dapat membuat hasil video menjadi seperti dikerjakan oleh profesional. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan template bagi Anda yang mungkin malas mengedit video jadi Anda tidak perlu susah payah mengeditnya.

VivaVideo

7 Aplikasi Edit Video Untuk Android

Aplikasi ini dilengkapi dengan ratusan efek dari stiker dan filter hingga klip dan subjudul animasi. VivaVideo didesain agar dapat digunakan pada pengguna Android dan agar membuat hasil video menjadi lebih profesional. Terdapat fitur slowmotion dan memotong dan menggabungkan klip. Aplikasi ini gratis dan ditemukan di Play Store.

Pertunjukan Video

7 Aplikasi Edit Video Untuk Android

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mempercantik video yang diedit dan dapat menambahkan teks, musik, efek, lagu atau suara sekaligus dapat melakukan dubbing secara langsung. Tema yang tersedia pun banyak hingga lebih dari 50 tema. Kualitas dari video yang dihasilkan tidak akan berkurang dan durasinya pun tidak akan terbatas. Ukuran video dapat Anda kurangi dengan mengompresinya. Terlebih lagi aplikasi ini gratis dan dapat ditemukan di Google Play Store.

FilmoraGo

7 Aplikasi Edit Video Untuk Android

Aplikasi ini juga banyak diminati oleh pengguna Android karena mudah digunakan. Terdapat fitur pemangkasan, penambahan tema, pemotongan klip, penambahan lagu dengan dilengkapi opsi yang beragam mulai dari rasio 1:1, rasio 16:9, penambahan transisi dan teks, slowmotion dan video terbalik. Dengan berbagai fitur-fiturnya yang gratis aplikasi ini juga dapat ditemukan di Google Play Store. Akan tetapi terdapat kekurangannya yakni beberapa tambahan fitur harus Anda beli.

Demikian artikel mengenai pengertian editing video, proses editing video yang umum dilakukan dan 7 aplikasi edit video untuk android yang dapat menjadi referensi bagi Anda yang hendak mengedit video atau Anda dapat mengunjungi website kami. Sekian dan terimakasih.

Related Article…