10 Rekomendasi Mouse Wireless Terbaik

10 Rekomendasi Mouse Wireless Terbaik – Teknologi saat ini semakin berkembang pesat, dengan adanya berbagai perangkat gadget tanpa kabel. Mulai dari keyboard, mouse, dan juga powerbank. Dengan adanya teknologi nirkabel ini memudahkan dan memberikan kenyamanan pemakaian perangkat tersebut tanpa adanya kabel yang mengganggu.

Mouse Wireless dikembangkan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada pada mouse biasa. Resolusi yang dihasilkan mouse wireless juga lebih besar, sehingga pergerakan mouse pada layer monitor lebih mulus.

Jika anda ingin membeli mouse wireless, berikut adalah atikel mengenai 10 rekomendasi mouse wireless terbaik, yang bisa membantu anda untuk memilih. Simak artikel berikut ini.

Pengertian Mouse

Mouse adalah salah satu peralatan/input pada komputer. Mouse digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara cepat atau bisa digunakan untuk memberikan perintah secara praktis dan cepat.

Di dalam mouse terdapat bola kecil yang digerakkan akan menyebabkan sinyal listrik terkirim ke perangkat komputer sesuai dengan pergerakan mouse tersebut.

Mouse juga bisa diartikan sebagai sebuah perangkat keras (hardware) yang ada pada komputer yang gunanya untuk menggerakkan kursor yang tampil pada layer komputer.

Mouse dirancang untuk tujuan menjalankan program dan perintah dari pemakai yang di instruksikan lewat Gerakan sensor yang dijalankan, sehingga bisa membuat pointer pada monitor bergerak.

Pada mouse terdapat tombol yang digunakan untuk melakukan klik kanan, klik kiri, dan juga untuk scroll.

Fungsi Mouse Komputer adalah sebagai berikut:

  1. Untuk memasukkan perintah pada komputer, dengan cara menggeser-geser mouse di permukaan papan yang datar.
  2. Sebagai penggerak pointer untuk menunjukkan lokasi tertentu di monitor.
  3. Untuk membuka file.
  4. Untuk scrolling layar dengan roda scroll.
  5. Mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Terutama untuk yang melakukan aktivitas editing.
  6. Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan worksheet.
  7. Untuk mengangktifkan command button dan melakukan aksi tertentu pada aplikasi.

Adapun juga manfaat utama dari Mouse Komputer yaitu memudahkan dan membantu kita saat melakukan pekerjaan di komputer, terutama untuk pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafis yang pasti sangat membutuhkan mouse.

Jenis-jenis Mouse

Berikut adalah jenis mouse berdasarkan konektor dan portnya:

  1. Mouse Serial

Di era komputer pentium 1 hingga Pentium 3 yang berjenis AT, jenis mouse serial ini sangat banyak digunakan. Bentuk konektor dari mouse ini yaitu berupa serial yang mempunyai pin di ujung portnya.

10 Rekomendasi Mouse Wireless Terbaik

10 Rekomendasi Mouse Wireless Terbaik

  1. Mouse PS2

Jenis mouse PS2 saat ini masih ada yang menggunakannya meskipun jumlah penggunanya tidak sebanyak dulu. Dari segi bentuk konektor pada mouse ini memiliki ciri khas di bagian ujung port penghubungnya yang warna hijau, warna itulah yang dikenali sebagai pembeda antara mouse dan keyboard yang biasanya menggunakan warna biru dan ungu.

Baca Juga :  Apa sih Keunggulan USB Type C dibandingkan Micro USB

  1. Mouse USB

Jenis mouse USB ini merupakan mouse yang paling umum dan paling banyak digunakan pengguna komputer, dikarenakan mouse USB ini sangat mendukung jika digunakan pada komputer zaman sekarang.

Bentuk konektor dari mouse USB ini memiiliki ciri khas yaitu berbentuk USB di bagian konektornya.

  1. Mouse Wireless/Nirkabel

Teknologi baru dari mouse saat ini adalah dengan dibuatnya mouse dengan fitur wireless atau tanpa menggunakan kabel. Selain itu mouse jenis wireless ini dapat digunakan dari jarak yang cukup jauh dari komputer.

Cara menggunakan mouse wireless sangat mudah yaitu dengan mencolokkan wireless device ke port USB dan mouse akan otomatis mendeteksi sinyal wireless tersebut.

10 Rekomendasi Mouse Wireless Terbaik

Bagi anda yang ingin membeli mouse wireless, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu agar anda dapat memilih dengan baik sesuai kebutuhan anda.

Berikut adalah cara memilih mouse wireless yang tepat:

  1. Pilih Mouse Wireless yang memiliki DPI yang Tinggi

Sebaiknya jika ingin membeli mouse wireless pastikan pilih yang memiliki DPI minimal 1000, karena akan mempengaruhi sensitivitas dalam melakukan Gerakan pada mouse.

  1. Pilih Mouse Wireless yang bisa di on/off

Dengan hal ini akan membantu saat anda ingin meinggalkan PC/Komputer sementara waktu, anda dapat mematikannya sementara, dengan tujuan agar menghemat daya mouse tersebut.

  1. Pilih Mouse yang memiliki penyimpanan Dongle

Memang pada dasarnya dongle tidak boleh terus diletakkan pada Komputer dan harus dilepas saat tidak dipakai. Agar tidak hilang ataupun rusak, dongle harus disimpan dengan baik. Dengan itu, pilihlah mouse yang memiliki penyimpanan dongle.

  1. Periksa Konektivitas Mouse Wireless

Koneksi Mouse Wireless saat ini berbeda-beda, seperti konektivitas USB dan Bluetooth. Pastikan anda memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

  1. Periksa Sistem Sensor Yang Ada Pada Mouse Wireless Tersebut

Mouse wireless memiliki berbagai varian sistem sensor. Untuk sensor blue LED bisa digunakan tanpa mouse pad, tetapi untuk mouse dengan sensor red LED harus digunakan dengan mouse pad.

  1. Periksa Cara Pengisian Daya Mouse

Pengisian daya dapat dilakukan dengan charging atau baterai. Pastikan anda memilihnya sesuai yang dibutuhan.

Itulah beberapa tips untuk memilih mouse wireless yang tepat.

Selanjutnya ada 10 Rekomendasi Mouse Wireless Terbaik, yaitu:

  1. Logitech M331 Silent Plus Mouse

Memiliki karakteristik tidak menimbulkan bunyi saat di klik. Daya tahan baterai mouse ini dapat mencapai 24 bulan. Dan bisa digunakan sampai kejauhan 10m. mouse Logitech ini dapat digunakan untuk komputer berbasis windows, Mac, Chrome OS, dan Linux. Mouse ini dijual dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga :  Mengenal VGA pada Komputer

  1. Mouse Wireless Microsoft Arc Mouse

Memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, dengan dibandrol harga yang cukup mahal namun dilengkapi spesifikasi yang sangat lengkap. Untuk koneksinya menggunakan Bluetooth.

Dengan desain yang tipis dan ringan mouse ini dilengkapi dengan fitur horizontal scrolling.

  1. Mouse Wireless Logitect MX Master 2S Mouse

Dilengkapi dengan daya baterai yang mumpuni yang dapat bertahan hingga 70 hari dalam kondisi penuh. Memiliki konektifitas wireless 2.4 Ghz dan juga sensitifitas 200 DPI hingga 4000 DPI. Harga dari mouse ini juga sangat terjangkau.

  1. Mouse Wireless Apple Magic Mouse 2

Memiliki ketahanan baterai yang sangat mumpuni. Dengan konektifitas melalui Bluetooth. Mouse ini juga mempunyai kemampuan full multitouch.

Dan ada juga fungsi unik pada mouse ini yaitu klik kanan dengan tap dua jari bertujuan untuk beralih ke halaman sebelum atau berikutnya.

  1. Mouse Wireless Xiaomi Mi Portable Mouse

Mampu melakukan konektifitas dari Bluetooth dan USB Receiver. Mouse ini bisa digunakan di beberapa PC dalam waktu yang sama, dengan kemampuannya mouse ini juga dibandrol dengan harga yang terjangkau.

  1. Mouse Wireless Taffware Optical Silent Mouse

Memiliki desain yang keren karena menggunakan desain marvel Iron Man. Memiliki konektifitas wireless 2.4 Ghz dengan jangkauan hingga 10 meter. Dengan harga jual yang terjangaku.

  1. Mouse Wireless Logitech G903 lightspeed Wireless Gaming Mouse

Dilengkapi dengan sensitifitas hingga 16.000 DPI, dan memiliki sensor hero 16k yang memiliki performa yang cepat. Mouse ini sangat direkomendasikan untuk para gamer.

  1. Mouse Wireless Micropack Silent Wireless Mouse MP-771W ST

Mouse yang memiliki karakteristik silent atau tak bersuara saat digunakan. Memiliki desain yang simple dan nyaman digunakan. Ketahanan baterai sangat awet dan kekuatan konektifitas USB 2.4 GHz.

Mouse ini juga dibandrol dengan harga terjangkau.

  1. Mouse Wireless ROBOT M220 Mouse Wireless Optical

Mouse ini terkenal karena harganya yang sangat terjangkau, dan memiliki spesifikasi yang bagus. Memiliki jangkauan hingga 20m dan sensitifitas yang mencapai 1600 DPI. Untuk koneksinya, mouse ini menggunakan USB Receiver.

  1. Mouse Wireless Del WM-126 Mouse

Memiliki jangkauan jarak hingga 10 meter. Memiliki daya baterai yang awet hingga 6 bulan, dan memiliki bobot yang sangat ringan sehingga nyaman untuk digunakan.

Dilengkapi dengan sensor optic dengan sensitifitas 1000 DPI. Mouse ini juga dibandrol dengan harga yang terjangkau.

Itulah tadi 10 Rekomendasi Mouse Wireless Terbaik, beserta spesifikasi dan juga penjelasannya yang bisa anda jadikan pertimbangan saat ingin membeli mouse.

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk para pembaca.

Related Article…